Pekerjaan yang diminati anak muda milenial hingga generasi z mengalami pergeseran seiring perkembangan teknologi digital. Pada dua dekade lalu, mereka mayoritas tertarik menjadi pegawai negeri sipil (PNS) dan karyawan.

“Jika kita melihat dari banyaknya mahasiswa yang tertarik pada dunia digital, ini menunjukkan ada perubahan pada jenis pekerjaan yang diminati. Paling banyak menjadi enterprener, terutama di bidang digital, baik itu dengan menjadi konten kreator maupun berwirausaha,” ungkap Rektor Universitas PGRI Semarang (UPGRIS) Dr Sri Suciati MHum dalam sambutannya pada acara Seminar Kewirausahaan Bersama Praktisi  di Gedung Pusat lantai 2, Selasa (12/9/2023).

Sri Suciati menegaskan, perlunya mahasiswa untuk mengambil peluang dalam dunia enterprener berbasis digital. Kesiapan dalam merespons dunia digital itulah yang harus dikuasai oleh mahasiswa sekarang ini.

“Potensi dunia digital begitu besar, segala hal kini bisa dijadikan konten untuk meraup penghasilan tambahan. Bahkan konten berbahasa Jawa dan Inggris juga banyak diminati. Salah satunya karena pengemasannya yang menarik,” terangnya.

Kepala UPT Kemahasiswaan & Alumni sekaligus ketua panitia acara, Dr Ling Maria Ulfah SSi  MPd mengungkapkan respons mahasiswa terhadap seminar enterprener tersebut sangat tinggi. “Ada 581 peserta yang terbagi ke dalam tujuh fakultas, sekaligus 60 peserta undangan,” terangnya.

Kegiatan seminar menghadirkan pembicara dari kalangan praktisi pelaku usaha yakni Niam Infijarun MPd selaku konsultan kewirausahaan sekaligus Direktur PT. Kreanusa Raya Kusuma. Niam dengan  pemaparan seputar pentingnya menjamin legalitas usaha bagi pemula.

Kemudian ada Ahmad Alfian SIKom, pemilih usaha The Bensae, yang akan mengupas seputar praktik dan strategi digital marketing dan  Dr Ling Maria Ulfah SSi MPd yang akan menyoroti potensi “digipreneurship” bagi mahasiswa.
https://rri.co.id/semarang/iptek/355479/berkembangnya-teknologi-digital-tren-minat-mahasiswa-berwirausaha-meningkat